Jumat; Surat Al-Kahfi

Membaca Al-Qur’an adalah kewajiban seorang muslim. Dengan membacanya, bertambahlah iman karena makna dari ayat-ayat Al-Qur’an tersebut adalah kabar gembira, peringatan, dan petunjuk dari Rabb kita, Allah swt. Setiap ayat mempunyai kisah tersendiri. Allah maha Penyanyang hingga Dia selalu memberikan nilai “plus” untuk hamba-hamba-Nya.

Seperti layaknya surat Al-Kahfi ayat 1-10 di mana fadilah dari ayat tersebut adalah menjauhkan kita dari Dajjal. Hadits dari Abu Darda radliallahu`anhu dari Nabi berkata,
“Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surah Al- Kahfi terjaga dari fitnah Dajjal.”
(HR. Muslim, Abu Dawud, Nasai, Tirmidzi)

 Disunnahkan membaca surah Al-Kahfi pada siang hari atau malam harinya (Jumaat) sebagaimana pendapat Imam Syafi’i (Lihat Al-Adzkar oleh Imam Nawawi). 

Telah disebutkan pula bahwa sangat baik membacanya di hari jumat. Sebagaimana kita mengetahui bahwa hari jumat adalah hari baik dimana hari itu merupakan Adam diciptakan dan matikan, dan kiamat juga di hari tersebut.

Hal ini bukan berarti harus surat Al-Kahfi saja yang boleh kita baca di hari jumat. Bukan. Allah tidak menyuruh kita untuk membaca satu surat saja. Namun juga semua surat agar kita mengerti semua yang telah dituliskan-Nya. Jika ada yang sekarang masih terbiasa membaca surat Yasin saja di hari jumat, maka coba membaca surat lain. Bacalah surat Al-Kahfi di hari jumat beserta surat lain-lain.. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Renang Pakai Rok dan Kaos Kaki So What Gitu Lho

Persembahan Puisi dari Rizky di International Thalassemia Day

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Nggak Coret-Coret Baju SMA Setelah Lulus