Urgensi Tarbiyah di Jalan-Nya



Dewasa ini, pergerakan dakwah Islam di sekitar kita sudah menampakkan “gigi”nya di tengah masyarakat. Pergerakan dakwah ini bukan hanya berada pada ruang lingkup sekolah, tapi juga kampus, pemerintahan, perekonomian, dan ruang lingkup yang lain. Hal ini dapat terjadi karena  tarbiyah ini tidak bisa dilepaskan dalam hidup kita.
Oleh sebab itulah, tarbiyah ini sangat penting bagi umat Islam untuk memompa semangat dan juga pemahamannya tentang Islam, apalagi mengingat keadaan masyarakat kita yang kini mulai jauh dengan agama. Tarbiyah ini harus terus dikembangkan agar dapat mengayomi masyarakat demi terwujudnya masyarakat yang Islami.
Pada dasarnya, setiap manusia memerlukan tuntunan dan pembinaan. Melalui tarbiyah, pembinaan itu dapat dilaksanakan. Orang yang mau ikut serta dalam pembinaan berarti menginginkan pemahaman lebih baik dari sebelumnya. Melalui tarbiyah Islamiyahlah pembinaan yang paling utama karena sejatinya tarbiyah Islamiyah ini bukan hanya dibutuhkan dalam menjalani hidup di dunia, namun juga dibutuhkan untuk mencapai akhirat. Jalan yang ditempuh dengan tarbiyah akan lebih baik ketimbang yang tidak. Sejatinya sifat manusia ada dua, baik dan buruk. Jika seorang muslim tidak mendapat tuntunan, otomatis ia bisa saja tergelincir ke perbuatan buruk dan akan terbiasa dengan berbuat yang demikian. Namun, jika seorang muslim mendapat tuntunan, ia akan lebih memanfaatkan waktu dan menghargai hidupnya.
Selain itu, maraknya kemaksiatan yang kini terang-terangan dapat dilihat di sekitarnya ini merupakan tantangan kita untuk berbuat lebih banyak. Ada banyak yang harus kita lakukan dalam membentuk pribadi-pribadi Islami.
Oleh sebab itu, sebagai seorang muslim, kita perlu untuk mengembangkan diri dibidang apapun, ekonomi, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, dan lain sebagainya. Sangat penting juga untuk tetap mengkaji sejarah-sejarah Islam karena dengan itu muslim akan lebih merasa bahwa ia tidak sendiri. Penting juga untuk terus berusaha, bersatu dalam satu barisan, dan yakin kepada Allah. InyaAllah, Allah akan beri kemudahan jika kita ikhlas melakukannya. Islam sebagai agama yang menjadi rahmat untuk dunia bisa kita wujudkan dengan memperkuat barisan tarbiyah islamiyah. Tujuan tarbiyah sendiri membentuk karakter dan menyiapkan muslim dalam naungan Islam dalam hidupnya dan dapat mendakwahi Islam, bukan hanya di kalangan Islam tapi juga bagi orang-orang di luar Islam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Renang Pakai Rok dan Kaos Kaki So What Gitu Lho

Persembahan Puisi dari Rizky di International Thalassemia Day

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Nggak Coret-Coret Baju SMA Setelah Lulus